Home / Riau / Dandim Pimpin Pemadaman Karhutla di Rohil 

Dandim Pimpin Pemadaman Karhutla di Rohil 

Dandim 0321 Rohil Letkol Inf Didik Efendi SIP pimpin langsung pemadaman api dan pendinginan lahan terbakar di Labuhan Tangga Besar, Kecamatan Bangko.

Rohil, SB – Komandan Kodim 0321 Rokan Hilir Letkol Inf Didik Efendi SIP memimpin secara langsung pemadaman api akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa titik di Kabupaten Rokan Hilir, pada Rabu 11 September 2019.

Dilaporkan kebakaran hutan dan lahan terjadi di Koramil 01/Bangko ditemukan 3 titik api, kemudian di Koramil 02/Tanah Putih ditemukan 2 titik api, Koramil 03/Bagan Sinembah ditemukan 1 titik api. Sedangkan kebakaran hutan dan lahan lainnya yakni berada di wilayah Koramil 04/Kubu. Disana ditemukan 2 titik api. Total 8 titik api ditemukan di wilayah teritori Kodim 0321 Rohil.

Dengan bersemangat dibawah komando Dandim Rohil Letkol Inf Didik Efendi SIP seluruh Koramil terjun kelapangan untuk melaksanakan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karlahut).

Kendati wilayah Kabupaten Rokan Hilir rata-rata memiliki lahan gambut namun itu tidak menjadi penghalang bagi para prajurit TNI Kodim 0321/Rohil dalam rangka melaksanakan pemadaman api.

Selain melakukan pemadaman, juga dilakukan pendinginan berlokasi di Jalan  Praka Wahyudi RT/RW 05/05 Dusun Mekar Mulia Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar, Kecamatan Bangko, dengan luas lahan terbakar 3 hektare.

Pendinginan melibatkan personil TNI sanyak 10 orang, Polri 8 orang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohil 13 orang Satpol PP 1 orang, masyarakat 1 orang, menggunakan alat pemadaman jenis Sibahura 1 unit.

Lokasi berada pada titik koordinat:

N.2°4’49,971″

E.100°54’14,59 dengan jarak tempuh dari Koramil 01 Bangko sejauh 21 kilometer, jenis lahan terdiri dari gambut, semak belukar dan lahan sawit ditelantarkan, sedangkan pemilik lahan masih dalam penyelidikan.

Adapun kendala yang ditemukan dilapangan lokasi berlahan gambut, angin kencang, jauh dari sumber air dan kering. Selain itu tim juga menemukan titik asap di Kampung Medan Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar, Bangko. (man)

Silakan di ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

About Redaksisuarabirokrasi

Tinggalkan Balasan