Home / Riau / Hewan Langkah Jenis Belangkas Asal Panipahan Nyaris Diseludupkan ke Malaysia

Hewan Langkah Jenis Belangkas Asal Panipahan Nyaris Diseludupkan ke Malaysia

Puluhan fiber diduga berisi hewan langkah jenis Belangkas yang dilindungi di salah satu gudang ekspor disegel petugas Bea Cukai Panipahan/Dumai.

Rohil, SB – Beredar kabar TNI-AL bersama Bea Cukai dan pihak Karantina Ikan Panipahan berhasil menggagalkan sebanyak 32 fiber hewan langkah jenis Mimi atau Belangkas dari perairan Rokan Hilir.

32 fiber hewan langkah yang dilindungi tersebut rencananya akan di ekspor ke negara Malaysia melalui kapal ekspor diduga milik salah seorang pemilik kapal ekspor berinisial A di Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika).

Dikonfirmasi, Kepala UPTD Perikanan Palika Deni Arif membenarkan hal tersebut. Deni mengatakan penangkapan  32 fiber hewan langkah tersebut dilakukan oleh pihak Bea Cukai, Karantina dan petugas TNI-AL setempat.

Terkait hal tersebut Deni Arif menyarankan kepada Media ini untuk menanyakan langsung kepada pihak terkait seperti Bea Cukai, Karantina dan petugas TNI-AL.

“Botul tu ketua yang nangkap Bea Cukai, Karantina dan AL. Kalu tak salah 32 fiber, tuk jelasnyo tanya orang tu ketua,” katanya saat dikonfirmasi lewat Whatsaap miliknya, Selasa 10 September 2019.

Selanjutnya Media ini mencoba untuk melakukan konfirmasi kepada petugas berwenang Bea Cukai Dumai melalui bidang Pengawasan dan Penindakan Ronald Siburian melalui nomor henphone dan Whatsaapp miliknya, namun belum ada jawaban.

Berikut dengan petugas TNI-AL melalui Danposal Panipahan Peltu Siregar melalui Henphone miliknya, hingga berita ini diturunkan juga belum berhasil dihubungi.

Sebagai salah satu hewan langka, Belangkas dilindungi Undang-Undang (UU) No 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Belangkas masuk dalam satwa dilindungi berdasarkan SK Menhut No 12/Kpts/II/1987.

Belangkas hidup dalam perairan dangkal di wilayah paya-paya dan kawasan mangrove. Belangkas memiliki bentuk menyerupai ikan pari dengan kulit yang kaku dan keras. Bentuk dari tubuh bagian depannya juga dianggap mirip dengan bentuk tapal kuda. Belangkas disebut kepiting tapal kuda. (man)

Silakan di ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

About Redaksisuarabirokrasi

Tinggalkan Balasan