Home / Riau / Parit Aman, Kecamatan Bangko Layak Dijadikan Desa Percontohan

Parit Aman, Kecamatan Bangko Layak Dijadikan Desa Percontohan

Ketua PKK Rohil Hj Wan Mardiana Suyatno melepas secara simbolis balon udara saat peresmian kampug merah putih bersih.

Rohil, SB – Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno, didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Hj Wan Mardiana meresmikan Kampung Merah Putih Bersih di Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Hj Wan Mardiana Suyatno, Kamis 15 Agustus 2019.

Peresmian KMPB (kampung merah putih bersih) tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Rokan Hilir Drs Jamiluddin, Sekretaris Daerah (Sekda) Rohil Drs H Surya Arfan, Asisten I Bidang Pemerintah Rohil H Ferry Farya, Kadispemas Jasrianto, Kadisdik Rohil HM Rusli Syarif, Kabag Humas dan Protokol Pemda Rohil Hermanto S.Sos, para Kepala OPD serta Camat Bangko Rizal Fikri, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH.

Dalam pidatonya, Bupati H Suyatno memberikan apresiasi kepada seluruh tokoh pemuda, kader pemuda, kre dan tokoh masyarakat serta tokoh agama di Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko.

Bahwa di Kepenghuluan Parit Aman masih banyak yang harus diperhatikan, seperti insfratruktur jalan mulai dari gerbang masuk Desa Parit Aman sampai Simpang Dua Ratus, kondisinya cukup parah. “Isnya Allah jalan ini akan kita perbaiki,” kata Bupati H Suyatno, disambut riuh tepuk tangan dari masyarakat Kampung Parit Aman yang hadir.

Begitu juga dengan penerangan lampu jalan di sepanjang Jalan Parit Aman, Pemkab Rohil berjanji segera membuat lampu jalan agar Jalan Kampung Parit Aman terang, bebas dari kegelapan. “Besok saya pasang lampu disini,” kata Bupati H Suyatno, disambut ratusan pasang tepuk tangan.

Kampung merah putih bersih itu muncul dari ide kreatif salah seorang tokoh pemuda Kampung Parit Aman bernama Wawan. Dengan ide dan gagasannya itu Wawan mampu merangkul  pemuda, masyarakat, dan pihak Kepenghuluan setempat, sehingga tercipta kampung merah putih bersih.

“Ini yang perlu kita harapkan, tidak hanya di Kampung Aman saja, juga di kampung lainnya di Kabupaten Rokan Hilir hendaknya melakukan hal serupa. Yang lain mana,” kata Bupati H Suyatno, seraya mengajak semua desa melakukan lomba kreatif, sehingga bisa dijadikan sebagai desa percontohan.

Untuk itu Bupati H Suyatno meminta kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (Kadispemas) Kabupaten Rohil Jasrianto, untuk melakukan pembinaan terhadap Desa Parit Aman, menjadi Kepenghuluan Pancasila.

Untuk mendukung program kampung merah putih bersih tersebut, secara pribadi H Suyatno berjanji akan memberikan uang tunai sebesar Rp 2.500 ribu, kepada nominasi penilaian kategori I. Sedangkan nominasi penilaian kategori II Bupati H Suyatno memberikan sebesar Rp 2 juta, kemudian nominasi penilaian III mendapatkan Rp 1,5 juta.

Kata Bupati H Suyatno, itu dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) untuk yang ke-74 Tahun.

Peresmian Kampung Merah Putih Bersih tersebut dirangkai dengan pemberian panganan khas berupa keripik oleh Tim PKK Desa Parit Aman dan pelepasan balon udara bertuliskan Parit Aman, oleh Ketua TP PKK Rohil Hj Wan Mardiana.

Kemudian ditutup dengan penaman pohon pinang jenis Batara dan penanaman bibit kelapa Hibrida oleh Bupati Rohil H Suyatno, kemudian Wakil Bupati Rohil Drs H Jamiluddin, Sekda Rohil Surya Arfan dan Asisten I Bidang Pemerintahan Rohil H Ferry Farya, juga melakukan hal serupa. (man)

Silakan di ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

About Redaksisuarabirokrasi

Tinggalkan Balasan