Home / Riau / HUT RI ke- 74 Tahun, Besok di Kabupaten Rohil Ada Pawai Karnaval 

HUT RI ke- 74 Tahun, Besok di Kabupaten Rohil Ada Pawai Karnaval 

Sekda Rohil Surya Arfan disela acara pemotongan hewan kurban.

Rohil, SB – Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 74 tahun 2019 tidak hanya sekedar menggelar kegiatan seremonial belaka, namun lebih mengutamakan momentum mengasah bakat serta mencetak generasi muda yang mampu berdaya saing baik itu melalui dunia pendidikan, budaya, agama dan olahraga.

Tanggal 17 Agustus tahun 2019 kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) akan menggelar serangkaian kegiatan, diantaranya besok Selasa tanggal 13 Agustus perhelatan itu akan dimulai dengan menggelar pawai karnaval.

“Dalam rangka memeriahkan  17 Agustus ini ada beberapa kegiatan yang akan kita laksanakan, pertama yaitu pawai karnaval,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Drs H Surya Arfan, kepada wartawan saat berbincang diruang kerjanya, Senin 12 Agustus 2019.

Menurut Sekda ini merupakan moment yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat, diperkirakan ribuan masyarakat akan membludak memadati jalan-jalan protokol di Ibu Kota Pemkab Rohil untuk dapat menyaksikan pawai karnaval yang digelar.

Kemudian serangkaian kegiatan lainnya dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 pada tanggal 16 malam Taptu di taman makan pahlawan penyelenggara oleh personel kepolisian dari Polres Rohil.

Renungan suci penyelenggara dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL. Kemudian pada keesokan pagi harinya detik-detik proklamasi, kemudian 17 Agustus dilanjutkan dengan penurunan Bendera Merah Putih.

“Malam harinya dilanjutkan dengan menggelar resepsi kenegaraan bersama seluruh jajaran Forkopimda Rohil, veteran dan tokoh masyarakat, agama dan pemuda bertempat di gedung serbaguna H Misran Rais di Bagansiapiapi,” terang Sekda Surya Arfan.

Kemudian 17 malam tepatnya di depan Klenteng Besar Ing Hok King juga digelar panggung hiburan rakyat, kemudian pada tanggal 18 Agustus pagi digelar Open Fun Bike dan balab sepeda, sekaligus dalam rangka promosi Kabupaten Rokan Hilir.

“Kegiatan ini nanti akan dilepas secara langsung oleh Bapak Bupati H Suyatno bertempat di taman budaya batu enam, kemudian finisnya di Jembatan Padamaran,” kata Sekda.

Bupati H Suyatno juga mengintruksikan kepada seluruh Kepala OPD (organisasi perangkat daerah) dan jajarannya wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tanpa ada alasan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74 tahun dan seluruh staf di lingkungan Pemkab Rohil.

“Beliau mengimbau kepada seluruh staf, seluruh Kepala OPD, dan masyarakat dan siswa/siswi dari berbagai tingkatan bisa ikut dalam kegiatan fun bike tersebut, juga bagi yang profesional silahkan ikut balap sepeda,” katanya seraya mengajak seluruh masyarakat turut memeriahkan HUT RI.

Tidak berhenti sampai disitu saja, Sekda Rohil Surya Arfan juga menambahkan bahwa pada tanggal 19 sampai dengan tanggal 22 Agustus merupakan hari jadi Pramuka.

Tanggal 22 Agustus ada lomba lari marathon sejauh 10 kilometer, dan lomba panjat pinang, diawali dengan senam massal dimulai sejak pukul 06.00 WIB, kemudian pelepasan lomba lari marathon oleh Bupati H Suyatno, dipusatkan di lapangan KONI Bagansiapiapi.

Sedangkan permainan rakyat lainnya ada tarik tambang, pacu goni, kemudian panjat batang pinang berjumlah sekitar 30-an batang pinang diikuti mulai kelas junior dan senior.

Seluruh kegiatan HUT RI tersebut juga dirangkai dengan menggelar pengobatan gratis dalam rangka gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), kemudian juga digelar donor darah bertempat di lapangan KONI.

“Itulah seluruh jadwal rangkaian kegiatan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 74 tahun 2019,” terang Sekda Surya Arfan. (man)

Silakan di ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

About Redaksisuarabirokrasi

Tinggalkan Balasan