Home / Riau / Kasrem 031 Wira Bima Kolonel Infanteri Asep Nugraha Hadiri Pembukaan TMMD ke 105 di Rohil

Kasrem 031 Wira Bima Kolonel Infanteri Asep Nugraha Hadiri Pembukaan TMMD ke 105 di Rohil

Kepala Staf Korem (Kasrem) 031 Wira Bima Kolonel Inf Asep Nugraha SE M.Si saat menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat pada kegiatan TMMD ke 105 di Kabupaten Rokan Hilir.

Rohil, SB – Kepala Staf Korem (Kasrem) 031 Wira Bima Kolonel Inf Asep Nugraha SE M.Si beserta rombongan menghadiri acara pembukaan kegiatan Tentara Manunggal Membangung Desa (TMMD) ke 105 tahun 2019 di Kabupaten Rokan Hilir, yang dipusatkan di Lapangan Taman Budaya Kompleks Perkantoran Batu Enam, Selasa 9 Juli 2019.

TMMD ke 105 tahun 2019, pada pelaksanaannya dimotori oleh jajaran Komando Distrik Militer 0321 Rokan Hilir itu turut dihadiri seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) di lingkungan Pemkab Rohil, juga para tokoh dan element masyarakat serta ormas kepemudaan lainnya.

Selain melaksanakan apel bersama, kegiatan TMMD sekaligus dirangkai dengan menggelar bakti sosial (baksos) berupa donor darah yang bekerjasama dengan pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Rohil, kemudian pengobatan secara geratis serta pemberian sembako kepada beberapa perwakilan masyarakat, dibuka secara resmi oleh Bupati Rokan Hilir H Suyatno.

Suyatno mengatakan, seiring dengan dinamika dan perkembangan zaman, program TMMD telah beberapa kali mengalami perubahan dalam penyebutannya. “Pernah dengan sebutan ABRI masuk desa yang disingkat dengan AMD, sekarang disebut TMMD,” katanya.

Namun sejak dicanangkannya pada dekade 80-an kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa secara nyata memiliki peran cukup strategis dalam mendorong dan menggerakan pembangunan di perdesaan baik pembangunan fisik maupun nonfisik.

Kegiatan fisik antara lain berupa pembangunan sarana dan prasarana di pedesaan dapat berupa jalan dan jembatan. Sedangkan kegiatan non fisik dapat pula berupa penyuluhan kepada warga masyarakat terutama penyuluhan kepada generasi muda menanamkan nilai-nilai kebangsaan semangat bela negara.

“Pencegahan paham radikalisme penyuluhan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, donor darah dan lain-lain sebagainya,” tukasnya.

Dalam melaksanakan kegiatannya, katanya lagi, TNI senantiasa berorientasi pemberdayaan masyarakat di pedesaan.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai motor mampu menggerakkan berbagai unsur dalam ranka membangun semangat gotong royong bersama unsur-unsur lainnya guna menghadirkan solusi yang dilakukan pada kegiatan TNI manunggal membangun desa.

Selain menggelar apel bersama, dan kegiatan bakti sosial, kegiatan TMMD ke 105  di Kabupaten Rokan Hilir juga dimeriahkan dengan sinopsis pawai budaya menampilkan pakaian adat dari berbagai suku yang ada di Kabupaten Rokan Hilir. (man)

Silakan di ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

About Redaksisuarabirokrasi

Tinggalkan Balasan