Home / Anambas / Panen Raya Program Peningkatan Produksi Hasil Pertanian Pemkab Anambas

Panen Raya Program Peningkatan Produksi Hasil Pertanian Pemkab Anambas

Masyarakat Letung memanen hasil tanaman jenis cabai di Bukit Padi Letung

Anambas, SB – Cabai, merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai bumbu masak agar setiap masakan terasa pedas. Di Kabupaten Kepulauan Anambas, harga Cabai tergolong mahal dan selalu menjadi kebutuhan masyarakat apalagi menjelang hari Raya Idul Fitri dan juga tahun baru.

Menghadapi permintaan pasar terhadap komoditas Cabai yang sangat tinggi, Pemerintah Kabupaten KKA melalui Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan membuat program peningkatan hasil pertanian beberapa waktu lalu di daerah Letung. Alhasil, akhirnya Masyarakat Letung memanen hasil tanaman jenis cabai di Bukit Padi Letung, Rabu (12/6/19).

Tanaman Jenis Holtikultura tersebut ditanam dilahan seluas 3 Ha dengan perkiraan harga jual sekitar 40 hingga 60 ribu rupiah perkilogram nya.

Adapun target pangsa pasarnya saat ini ialah masyarakat Kepulauan Anambas tidak menutup kemungkinan jika kualitas dan hasil panen terus meningkat akan dapat dinikmati masyarakat diluar Kabupaten Kepulauan Anambas . Dan ini merupakan salah satu program Pemerintah Daerah dalam peningkatan hasil pertanian di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dalam kesempatan tersebut Kadis DPPP menyampaikan bahwa “Jika Daya Beli Masyarakat tinggi terhadap cabai hasil Anambas sendiri, maka kedepannya kita akan terus digiatkan petani untuk tingkatkan penanaman, dan kedepannya kita berharap masyarakat Anambas membiasakan untuk memprioritaskan belanja produk lokal,” ujar Effi Sjuhairi.

Lebih lanjut Effi mengatakan, bahwa dengan adanya program tersebut akan membuat petani besemangat dalam bercocok tanam.

“Dengan begitu Masyarakat petani akan menjadi semangat dan terbantu perekonomiannya dengan habis terjualnya hasil panen mereka dipasaran,” tutupnya. (Nurdin)

Silakan di ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

About Redaksisuarabirokrasi

Tinggalkan Balasan